Tips Cara Mengatasi Permasalahan pada Pompa Air

Permasalahan pada pompa air sangat beragam dan akan sulit untuk mengetahuinya lebih awal jika Anda kurang berpengalaman dalam hal ini. Sebagai orang yang awam akan permasalahan pompa air, biasanya mendapati kerusakan pompa air sudah dalam tahap kronis, sehingga diperlukan penanganan jasa service pompa air.

Namun, sebelum menggunakan jasa, kami dari SumuBorJogja.net yang juga menyediakan jasa service pompa air di Yogyakarta, bermaksud menyajikan beberapa informasi tentang permasalahan umum pada pompa air yang mungkin bisa Anda atasi.

PERMASALAHAN POMPA AIR DAN CARA MENGATASINYA

Hal umum yang bisa dilakukan ketika menemukan permasalahan pompa air yaitu, silahkan cek kondisi listriknya, apakah aliran listrik sebagai sumber tenaga dalam kondisi normal atau tidak. Selain itu, perlu diperhatikan juga umur dari pompa air yang digunakan, juga kondisi pipa instalasinya. Jika semua normal maka, harus diperhatikan lebih detail tanda-tanda yang timbul pada pompa air.

Berikut beberapa hal tentang cara mengatasi permasalahan pompa air berdasarkan gejala yang timbul.

Pompa air menyala tetapi air tidak keluar

pompa air nyala air tidak  keluar - sumurborjogja.net

Pompa air menyala tapi air tidak keluar adalah kesalahan teknis yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika mengalami kejadian ini, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa tahap pemeriksaan sesuai urutan yang agar tidak tepat penanganannya.

Tahap pemeriksaan pertama bisa dimulai dari melihat tangki waterpump apakah terisi air atau kondisi kosong. Jika kosong, silahkan lakukan pengisian sampai penuh utk membuat ruang hisap menjadi vakum, fungsinya sebagai pancingan. Kemudian, silahkan tunggu sebentar untuk memastikan apakah air akan keluar.

Jika air tetap tidak keluar, silahkan cek lagi apakah kondisi waterpump kosong atau airnya berkurang sedikit & hanya perlu menambahkan sedikit air agar penuh. Jika ternyata kosong, berarti ada kebocoran pada saluran pipa hisapnya. Solusinya harus dilakukan pemeriksaan dan pengecekan secara menyeluruh terhadap rangkaian instalasi pipa hisap sampai bagian klep paling bawah.

Pompa air menyala normal tetapi aliran air sangat kecil

pompa air nyala tetapi aliran air sangat kecil - sumurborjogja.net

Permasalahan pada pompa air yang menyala normal tetapi aliran air sangat kecil, bisa disebabkan banyak faktor, tetapi sebab yang paling gampang, silahkan cek hal-hal berikut :

  • Umur mesin pompa air sudah tua; mesin yg sudah berumur atau sudah dipakai lama, kinerjanya bisa menurun, karena sudah waktunya utk diganti.
  • Umur mesin sudah tua tetapi putaran mesin masih normal; silahkan cek bagian dalam dengan mengintip celah-celah kumparan apakah ada kerak yg menumpuk atau tidak, karena bisa mengganggu kinerja mesin.
  • Jika hal ini terjadi pada pompa air yang masih baru; maka bisa dipastikan pemilihan pompa tidak tepat. Oleh karena itu, harus dipastikan terlebih dulu, apakah tipe pompa yg dipasang sudah sesuai dengan spesifikasinya. Untuk lebih jelas tentang hal ini, Anda bisa bisa membaca informasi kami pada artikel Jenis-jenis Pompa Air.

Mesin pompa air menyala sangat lambat dan tersendat-sendat

pompa air menyala tetapi tersendat-sendat - permasalahan pompa air - sumurborjogja.net

Mesin pompa air menyala sangat lambat dan tersendat-sendat, merupakan kondisi dimana mesin pompa air menyala namun putaran kipasnya tidak normal yang ditandai dengan tersendat sendat.

Untuk mengatasi permasalahan pompa air tersebut, terlebih dulu lakukan pengecekan pada sumber kerusakan sebagai berikut.

  1. Silahkan cek mulai dari melihat putaran kipas motor apakah ada sesuatu yg tersangkut di sana. Bisa dicoba dengan cara memutar kipas searah jarum jam dengan bantuan obeng. Jika terasa berat ada kemungkinan dinamo motor sudah soak & gejala terbakar.
  2. Jika putaran kipas normal dan ringan saat diputar dengan obeng namun nyala mesin pompa air tetap lambat atau tersendat-sendat, bisa jadi penyebabnya adalah sumber listrik utk menjalankan pompa air. Periksa tegangan normal yg di miliki sumber listrik dengan menggunakan volt meter. Silahkan cek apakah tegangan listrik sudah memenuhi kebutuhan pompa air atau belum, karena apabila tegangan listrik berada jauh di bawah tegangan normal, sudah bisa dipastikan pompa air akan berbunyi lambat & tersendat sendat.
  3. Jika tegangan sudah sesuai tetapi tetap tersendat, berarti ada sebab lain yang perlu dicek lebih detil. Jika Anda kesulitan utk mengatasi permasalahan tersebut, silahkan hubungi kami. 24 Jam layanan konsumen kami sediakan untuk Anda.

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih terdapat hal lain yang bisa menyebabkan permasalahan pada pompa air, sehingga diperlukan pengecekkan pompa air secara lebih detail. Identifikasi yang salah, bisa menyebabkan kerusakan pompa air yang lebih parah.

Jika Anda kesulitan untuk menangani permasalahan tersebut, SEGERA hubungi kami jasa service pompa air yogyakarta dengan layanan online 24 Jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *